sudah cek blog sebelah?: Ilmu Pengetahuan Teknologi & Kemiskinan

Pages

Rabu, 23 Januari 2013

Ilmu Pengetahuan Teknologi & Kemiskinan


Sepak Terjang Bill Gates Memerangi Kemiskinan Dunia

   Jakarta - Bill Gates adalah miliuner yang dikenal sangat dermawan. Pendiri raksasa software Microsoft ini menyumbangkan begitu banyak uang dari pundi-pundi kekayaannya sebagai salah satu orang terkaya di dunia.

   Yayasan Bill & Melinda Gates Foundation pun didirikan. Nama yayasan ini berasal dari Bill dan istrinya, Melinda. Kiprahnya di bidang kemanusiaan pun sudah dikenal di banyak negara. Misi utama yayasan adalah menurunkan tingkat kemiskinan, meningkatkan layanan kesehatan dan pendidikan.

   Mau tahu sepak terjang pria berkacamata ini dalam upayanya memerangi kemiskinan dan penderitaan dunia? Berikut kisah singkatnya yang detikINETkutip dari berbagai sumber.

I. Pada tahun 1994, Bill Gates mendirikan William H. Gates Foundation dengan modal awal USD 94 juta. Pada tahun 1999, yayasan ini diubah namanya menjadi Bill & Melinda Gates Foundation. Setelah merger dengan Gates Learning Foundation di tahun 2000, Gates memberi tambahan modal USD 126 juta.

   Tahun-tahun setelahnya, dana yayasan tersebut makin meningkat. Operasinya menjangkau sekitar 100 negara. Pada tahun 2005, Bill dan istrinya Melinda menjadi Persons of The Year versi majalah bergengsi Time, terkait aktivitas kemanusiaannya tersebut. 

   Yayasan ini memiliki kantor pusat di Seattle, AS. Selain itu mereka juga mendirikan kantor cabang di berbagai negara, yaitu di India, China dan Inggris Raya.


II. Bill & Mellinda Gates Foundation memiliki tiga program utama. Yaitu Global Development, Global Health dan United States Program. Pada September 2011, yayasan tercatat telah mempunyai aset senilai USD 33,5 miliar.

   Untuk mempertahankan statusnya sebagai yayasan amal, Bill & Mellinda Gates Foundation harus mendonasikan setidaknya 5% dari asetnya setiap tahun. Jadi, jumlah minimal yang disumbangkan adalah USD 1,5 miliar per tahun. 

   Pada tahun 2008 saja, jumlah sumbangan yang diberikan mencapai USD 2,8 miliar. Bill & Melinda Gates Foundation pun menjelma menjadi salah satu yayasan amal terbesar di dunia.

III. Sosok utama yang memimpin Bill & Melinda Gates Foundation adalah Bill Gates sendiri, istrinya Melinda Gates dan Warren Buffet. Pejabat co chair adalah William H. Gates Sr, ayah Bill Gates. Sedangkan Chief Executive Officer adalah Jeff Raikes.

   Warren Buffet sendiri adalah CEO Berkshire Hathaway dan juga salah satu orang terkaya di dunia yang dikenal dermawan. Kekayaannya diestimasi mencapai USD 62 miliar. Secara total, Buffet telah menyumbangkan dana senilai USD 6,4 miliar pada Bill & Melinda Gates Foundation.

IV. Sepanjang sejarahnya, Bill & Melinda Gates Foundation menyumbangkan banyak uang pada berbagai lembaga kemanusiaan. Salah satunya adalah The Global Alliance for Vaccines and Immunization. Lembaga ini punya misi mengimunisasi sebanyak mungkin anak di negara miskin seperti Bangladesh, Ethiopia, Ghana, Haiti dan sebagainya. Total dana yang diterima adalah USD 1,5 miliar.

   Yayasan juga menyumbangkan uang senilai USD 1,3 miliar pada United Negro College Fund. Ini adalah organisasi yang memberikan beasiswa bagi kaum minoritas di Amerika Serikat. 

   Sumbangan senilai USD 456 juta juga diberikan pada Alliance for a Green Revolution in Africa (AGRA) di Afrika. Organisasi ini berupaya meningkatkan kesejahteraan para petani Afrika dengan meningkatkan kondisi benih dan tanah. Masih banyak lembaga lain yang kecipratan uang dari yayasan Bill Gates.

V. Sampai tahun 2007, total sumbangan yang diberikan Bill & Melinda Gates Foundation telah mencapai USD 28 miliar. Tidak mengherankan jika yayasan ini dianggap salah satu yang paling banyak menyumbangkan uang untuk kegiatan kemanusiaan.

   Bill Gates sendiri dilaporkan telah memberikan persentase besar dari hartanya untuk aktivitas filantropi, yakni ditaksir sebesar 48%. Dia bergabung dengan dermawan kaya lainnya yang juga punya jejak sama, seperti Andrew Carnegie, Warren Buffet dan John D. Rockefeller.

VI. Kedermawanan Bill Gates membuatnya tidak hanya dikenal sebagai sosok kunci di dunia teknologi namun juga aktivis kemanusiaan. Namanya diprediksi akan terus dikenang. Seperti yang dikemukakan oleh Malcolm Gladwell, penulis terkenal dari Amerika Serikat.

   "Gates tentunya adalah kapitalis paling zalim. Dan dia kemudian memutuskan, dia bangun pada suatu pagi dan berkata sudah cukup. Dan dia mundur, dia menyumbangkan uangnya. Dalam lima puluh tahun ke depan dia akan diingat untuk pekerjaan kemanusiaannya," tukas Gladwell.


Tanggapan:
Bill Gates merupakan salah satu orang besar di jagat teknologi, sikap & perilakunya yang dermawan patut dicontoh, meskipun ia salah satu praktisi TI tersohor & salah satu orang terkaya di dunia, ia tidak segan terjun ke masyarakat kecil untuk membantu memerangi kemiskinan dengan "sebagian kecil" harta yang ia miliki, ia juga dikenal tidak segan dalam menyalurkan ilmunya terhadap orang lain, sungguh terpuji.

0 Komeng pembaca:

Posting Komentar