sudah cek blog sebelah?: Opini

Pages

Selasa, 26 November 2013

Opini

IRA PHAJAR LESTARI, SE, MM

Yups, bener banget sob. Beliau yang bakal gue bahas di tulisan gue kali ini.
    Mungkin diantara yang baca, ada yang tanya kaya:
"bray, dia dosen matkul apa?"
"saik ga ngajarnya?"
"galak ga?"
"lu mau ngomentarin dosen? sadis parah lau, ga takut nilai lu dibikin D?"

    Satu - satu bro kalo mau nanya, oke kita bahas dikit aje ye. Jadi dia ini Dosen Matkul softskill gue (anak Gunadarma pasti kenal sama matkul ini, secara nih ye, kita diajak buat berekpresi lewat tulisan di blog lewat mata kuliah ini). Kalo ente mau tau yang mana sih dosen gue ini, langsung aja buka link staffsite-nya doi yang > > ini! < < . Soalnya ga sopan juga umbar foto orang kalo belom izin (mau izin juga ngeri, takut dikira ga sopan)

    Kalo ngebahas softskill, itu sih lebih kepada gimana caranya kita bisa memahami lingkungan (environment), diri sendiri (self), tindakan (act), dan kehidupan sosial (society). Maksudnya gimana? ya maksudnya gimana (cara) kita menempatkan diri di lingkungan sosial sebelum bertindak atau melakukan sesuatu. Jadi kita diharapkan punya jiwa sosial setelah dapat matkul ini sob, ngga kaya robot yang setelah di-program (di-edukasi di kampus red.) terus kerja dan gitu - gitu aja hidup kita alias flat. yang ada kehidupan sosial kita keganggu bray -__-

    Ngga jauh jauh dari mata kuliah, pasti ada PR yang dikasih (bahasa keren mahasiswa sih tugas). nah pengalaman gue selama kuliah di kampus sih nyantai aja sob masalah softskill, tiap bulan buat 4 tugas, 1 smester ada 6 bulan, ya itung sendiri ajadeh, kalkulator gue batere-nya abis.
    Cuman, tugas dari beliau ini yang sempet bikin shock awalnya, kita disuruh buat kelompok (gampang). terus bikin materi & presentasi-in (berhubung gue ketua Komisi di Gereja, masalah pidato boleh diadu sama Presiden). dan yang terakhir . . . . . buat 20 tulisan. nah ini yang bikin kaget, gokil men, 1 bulan 20 tulisan, gue mahasiswa Sistem Informasi apa Sastra Indonesia -__-
    Ternyata processor otak ane lagi lemah pas dengerin dia jelasin, ternyata ini tugas buat 1 smester.
6 resume buat 6 kelompok yang presentasi
1 upload materi kelompok sendiri
1 opini (ini yang lagi ente baca gan)
20 tulisan bebas

    Menurut gue pribadi sih ya, bagus banget dia ngasih Tugas kaya gitu, ada tugas individu dan kelompok. Jadi kita sebagai mahasiswa masih dikasih kesempatan buat bisa kerja dengan lingkungan, jadi ngga berasa hidup secara individual kaya predator.
    Dan, yang paling penting, cara ngajar.
Gue udah 2 Smester dapet 2 dosen softskill, dan gue harus mengakui dengan bangga, kalo beliau adalah dosen softskill yang paling greget yang pernah ngajarin gue, ngga sekedar masuk - ngasih tugas - absen - cabut. magabut banget sob -__-
bodo amat kalo ada dari pembaca yang ngecap gue penjilat, ngga adil gue ngasih nilai rendah buat dia yang berhak dapet nilai diatas rata - rata.
    Selama ikut matkul dia (sayangnya beberapa kali harus absen karena kendala kegiatan diluar perkuliahan), gue belajar lumayan banyak tentang pergaulan, gimana sih lingkungan diluar sana, dan sedikit diajak mikir buat out of the box alias nyoba berpikir diluar zona nyaman dan formal, karena diluar sana itu lebih rumit dari zona nyaman kita sebagai mahasiswa.
    Ngga cukup deh waktu & tenaga gue buat ngetik opini tentang dosen softskill gue smester ini. asli speechless, mending kita ketemuan, sambil ngopi / ngeteh, gue ceritain deh apa yang ada di kepala gue tentang beliau.

cuma ada sepenggal kalimat yang mungkin bisa mewakili jutaan rangkaian kata di otak gue sob:
    "Mungkin pertemuan kita cuma 1 Smester Bu, tapi semua pembelajaran yang udah Ibu kasih, ngga akan sia - sia & akan saya pegang."

0 Komeng pembaca:

Posting Komentar